Tips Dan Cara Buka Rekening Saham 100 Ribu untuk Pemula

By | Juni 15, 2022
buka rekening saham 100 ribu

Buka Rekening Saham 100 Ribu – Dunia investasi memang sedang populer saat ini. Ada banyak influencer yang memberikan arahan untuk memulai investasi sejak dini, salah satunya berinvestasi saham. Namun masih banyak orang yang belum berani investasi saham karena mengira membutuhkan modal yang besar. Apakah bisa buka rekening saham 100 ribu?

Jawabannya adalah tentu saja bisa, karena saat ini dengan modal 100 ribu saja pengguna sudah bisa membeli saham. Modal kecil ini tentu sangat cocok bagi pemula yang baru belajar tentang dunia investasi. Bagi yang tertarik untuk membeli saham dengan uang 100 ribu, simak dulu tips dan caranya berikut ini:

Tips Dan Cara Buka Rekening Saham 100 Ribu untuk Pemula

buka rekening saham 100 ribu

buka rekening saham 100 ribu

1. Pilih Platform Investasi Saham Modal Kecil

Tips yang pertama adalah harus memilih platform untuk berinvestasi saham dengan modal yang kecil. Ada berbagai jenis platform yang bisa digunakan untuk membeli saham saat ini. Namun tidak semua platform yang memberikan minimal transaksi pembelian saham sebesar 100 ribu.

Ada beberapa platform yang minimal transaksinya 500 ribu hingga satu juta. Tidak semua orang memiliki uang yang besar untuk investasi. Terutama para pemula yang baru belajar untuk berinvestasi. Takutnya karena masih pemula dan salah memilih saham malah membuat pengguna jadi rugi.

Beberapa platform yang bisa dicoba untuk membeli saham dengan uang 100 ribu adalah Bareksa dan Ajaib. Jika memiliki rekomendasi platform yang lain, pastikan platform investasi tersebut terjamin aman dan sudah terdaftar OJK.

2. Pilih Saham yang Potensial

Setelah menentukan platform untuk membeli saham, langkah selanjutnya adalah pilih saham yang potensial. Karena ada beberapa perusahaan yang nilai sahamnya tidak terlalu bagus. Jika pemula membeli saham yang kurang potensial, takutnya akan mengalami kerugian. Jadi, meskipun hanya memiliki modal 100 ribu, tetap harus memilih saham yang ingin dibeli.

Bagaimana cara memilih saham yang potensial? Caranya adalah cari tahu latar belakang dari perusahaan saham tersebut. Bisa belajar untuk mengamati riwayat keuangan, grafik saham, jumlah dividen, cut loss, capital gain dan lainnya. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli saham, perhatikan dulu reputasi perusahaan saham yang ingin dibeli.

3. Jangan Diversifikasi Terlalu Banyak Saham

Diversifikasi adalah membeli banyak perusahaan saham secara sekaligus. Mungkin beberapa orang merasa ada banyak perusahaan saham yang cukup berpotensi, sehingga ingin membeli semua saham tersebut. Namun, cara yang satu ini sebenarnya tidak benar.

Saat membeli saham, pengguna harus selalu memantau perusahaan saham tersebut. Perhatikan apa terjadi kenaikan atau penurunan harga saham, Jika membeli lebih dari lima perusahaan saham sekaligus, maka akan sulit memantaunya sekaligus, Jadi cukup beli dua hingga tiga perusahaan saham saja.

4. Cicil Pembelian Saham

Tips buka rekening saham 100 ribu selanjutnya adalah cicil pembelian saham. Jadi pertama-tama belilah dulu saham sebesar 100 ribu. Setelah itu mulai kembangkanlah portofolio saham dengan mencicil pembelian saham. Contohnya bisa membeli saham setiap bulan sebesar 100 ribu saja.

Mencicil beli saham ini bisa disebut sebagai menabung saham. Dengan mencicil sedikit demi sedikit, maka jumlah saham yang dimiliki juga semakin banyak. Dengan demikian, keuntungan juga bisa semakin tinggi.

5. Perhatikan Biaya Transaksi

Yang perlu diperhatikan lagi adalah biasanya ada biaya transaksi untuk membeli saham. Biasa akan dikenakan biaya tambahan sebesar 0,2% hingga 0,5% tergantung dengan platform yang digunakan. Jadi sebelum membeli saham dengan modal 100 ribu, coba perhitungkan dulu biaya transaksi tambahannya.

Itulah beberapa tips dan cara buka rekening saham 100 ribu. Bagi pemula mungkin ada beberapa hal yang cukup membingungkan, terutama untuk mempelajari grafik dan juga istilah di dunia saham. Tapi yang pasti untuk bertahan di dunia saham ini, pengguna harus konsisten dan rajin belajar semua hal tentang saham.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *